Singapore Terapkan Pemrograman dalam Kurikulumnya pada tahun 2020

Seperti yang tengah viral kemarin, Singapore menerapkan pemrograman sebagai mata pelajaran wajib bagi siswa SD pada tahun 2020. Singapore menerapkan Code For Fun (CFF) untuk mencetak talenta digital lebih banyak untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.



Pemrograman alias coding adalah membuat barisan code yang berisi perintah untuk komputer. Sekarang ini coding atau programming di Indonesia disisipkan dalam silabus di SMK. Jadi Indonesia sudah mengajarkan coding hanya di SMK.

Sebenarnya apa gunanya coding dalam kehidupan nyata? Coding sangat erat hubungannya dengan algoritma (cara penyelesaian masalah).

Tanpa kita sadari kita telah melakukan serangkaian algoritma sederhana dalam kehidupan nyata. Contohnya saat kita memasak mi instan, kita mengikuti aturan pembuatan. Sebenarnya ini juga termasuk ke dalam algoritma.

Pernahkah anda menggunakan aplikasi chatting atau aplikasi game poker? Aplikasi game poker dan aplikasi chatting dibuat oleh programmer menggunakan bahasa pemrograman.

Jadi coding dilakukan untuk memperintah komputer untuk menyelesaikan masalah.

Beberapa jurusan di universitas juga mewajibkan coding sebagai mata kuliah wajib. Jurusan seperti ilmu komputer, elektronika, teknik elektro, dan matematika juga mengajarkan mengenai coding.

Menurut saya programming atau coding perlu diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Tidak harus sebagai mata pelajaran wajib, sebagai ekstrakurikuler atau semacamnya saja sudah cukup. Karena saya berpendapat orang yang tidak tertarik dengan coding akan susah memahaminya.

Search term: Coding, programmer

Komentar